Inspirasi Bisnis Sampingan Buat Mahasiswa Kekinian - Shall Creative

Inspirasi Bisnis Sampingan Buat Mahasiswa Kekinian

March 10, 2020

Inspirasi Bisnis Sampingan Buat Mahasiswa Kekinian
Sumber Gambar: www.unsplash.com


Inspirasi Bisnis Sampingan Buat Mahasiswa Kekinian - Menjadi mahasiswa bukanlah suatu hal yang mudah. Apalagi kalau ngomongin soal pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari. Terutama buat kamu yang merantau jauh dari kedua orang tua. Kamu harus pintar-pintar menghemat uang bulanan yang dikirimkan oleh kedua orang tuamu.

Ternyata walaupun masih menjadi mahasiswa, kamu bisa memilki penghasilan hingga puluhan juta rupiah dengan melakukan bisnis sampingan. Kira-kira bisnis sampingan apa saja ya yang bisa menghasilkan pundi-pundi hingga puluan juta rupiah untuk mahasiswa? Yuk, langsung saja kita bahas!

Baca Juga: Biaya Kuliah di UI Terbaru 2020

Inspirasi Bisnis Sampingan Buat Mahasiswa Kekinian

1. Dibayar untuk Berolahraga

Jika kamu sedang berselancar diinternet, coba masuk ke web Aplikasi AchieveMint. Aplikasi ini terhubung dengan lebih dari 40+ aplikasi Android dan iPhone untuk memberi kamu uang sebagai upah atas perilaku sehat kamu seperti berolahraga, menghitung kalori, tidur dan aktivtas kamu sehari-hari.

2. Survei Online

Jika kamu tidak ada tugas yang harus dikerjakan, daripada hanya nongkrong dengan teman dan hanya menghamburkan uang, coba ikuti survei online seperti Opinion Outpost. Dengan mengisi survei di laman web tersebut, kamu mendapat bayaran untuk setiap opini yang kamu berikan.

3. Menjadi Perancang Desain Grafis

Bagi kamu yang memiliki jiwa seni yang tinggi dan suka mendesain, kamu bisa mencoba mengunjung berbagai macam situs yang dapat menghubungkan kamu dengan para klien yang membutuhkan perancang desain grafis, salah satunya adalah 99 Designs dan Café Press.

4. Penulis Freelance

Tak perlu menjadi seorang jurnalis untuk menjadi penulis yang dapat menghasilkan uang. Siapa saja bisa mendapatkan penghasilan tetap dengan menjadi penulis freelance di bidang keahlian masing-masing. Jika kamu merasa kurang baik dalam membuat suatu karya, ada kursus online seperti Earn More Writing yang dapat mebantu kamu dalam membuat tulisan yang baik.

5. Memulai Sebuah Blog

Kini banyak ribuan blog yang berafiliasi dengan produk-produk tertentu. Dimana mereka nantinya dibayar oleh suatru perusahaan untuk mempromosikan produk. Setiap “klik” dari para pengunjung menghasilkan pundi-pudi untuk blogger tersebut.

6. Memulai Sebuah Channel YouTube

Jika karyamu di YouTube channel membuat banyak pengunjung menyukai karya tersebut, nantinya ada sebuah perusahaan produk tertentu yang meng-endorse mu untuk menjadi affiliate marketing mereka.


7. Menjadi Pedagang online

Internet bisa menjadi lapak untuk barang jualanmu, bahkan dengan pasar yang lebih luas karena bisa mencapai ke belahan bumi lain. Pakai semua jejaring sosal yang kamu punya untuk memasarkan produk yang kamu jual. Tapi ingat, kamu harus menjadi pedagang online yang jujur agar selalu mendapatkan kepercayaan dari para konsumenmu.

8. Menjual Akun Video game Online

Dengan situs ebay kamu dapat memasarkan akun video game untuk menambah uang tabunganmu lho.

9. Main Reksa Dana

Jika kamu bermain reksa dana, sebenarnya kita meng-hire Manajer Investasi (MI) yang akan megelola keuanganmu. Jika kamu masih seorang pemula, pelajarilah setiap sumber yang dapat memberikan pengetahuan untukmu dalam mengembangkan investasi.

10. Pekerja Part Time di kampus

Biasanya setiap kampus menerima para mahasiswa untuk bekerja paruh waktu di beberapa bagian seperti asisten lab computer, pustakawan, dan bidang lainnya. Jika kamu adalah seorang mahasiswa berprestasi, boleh juga mencoba untuk menjadi asisten dosen salah satu bidang mata kuliah yang kamu kuasai.


11. Bekerja di café

Banyak café yang menerima para mahasiswa untuk bekerja dengan menyesuaikan waktu kuliah para mahasiswa. Salah satu pekerjaan yang paling diminati oleh para mahasiswa adalah barista dan juga waiters di café atau kedai kopi.

12. Sopir Ojek Online

Saat waktu senggang, kamu bisa menambah isi kantongmu dengan menjadi sopir ojek online dengan modal kendaraan pribadimu, lumayan untuk menambah isi kantong.

13. Mengajar Les Pelajaran Akademik

Pengetahuan dan ilmu yang kamu dapatkan selama ini ternyata bisa mendatangkan uang tambahan. Kamu bisa menjadikan rumahmu atau menawarkan diri sebagai pengajar les privat bagi adik-adik di bangku SD, SMP, atau SMA.


14. Mengajar Les Musik

Bagi kamu yang memilki bakat dalam bermusik, kamu bisa mengajar les musik sesuai dengan keahlianmu. Kamu juga bisa membentuk sebuah grup musik dengan teman-temanmu yang memilki hobi serupa, lalu menawarkan jasa bermusik di café atau sebuah event.

Boleh semangat mencari pendapatan tambahan, namun jangan melupakan kewajibanmu sebagai mahasiswa ya. Semoga bermanfaat!

You Might Also Like

0 comments