5 Tips Dapetin Beasiswa S2 di Luar Negeri - Shall Creative

5 Tips Dapetin Beasiswa S2 di Luar Negeri

June 12, 2020

5 Tips Dapetin Beasiswa S2 di Luar Negeri


Salah satu cara untuk mewujudkan mimpi melanjutkan kuliah di luar negeri adalah dengan cara melamar beasiswa. Indonesia sendiri memiliki program Beasiswa Pendidikan Indonesia yang dikelola oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Tentunya, meraih beasiswa tidaklah mudah. Apalagi beasiswa untuk bisa berkuliah di luar negeri. Kamu harus melewati berbagai tahapan yang sangat kompetitif untuk bisa mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri. Tapi, jangan bersedih terlebih dahulu. Berikut ini akan dibahas tentang beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar bisa mendapat beasiswa yang kamu idam- idamkan. Here we go!

5 Tips Dapetin Beasiswa S2 di Luar Negeri

1. IELTS Sebagai Pembuka

Salah satu syarat untuk melamar beasiswa kuliah di luar negeri adalah peserta harus memiliki sertifikat kemampuan berbahasa inggris, contohnya IELTS. Jadi, pastikan sebelum kamu melamar beasiswa kamu sudah pernah mengikuti tes IELTS dan memiliki sertifikatnya. Kebanyakan kampus di Eropa, Australia, dan Amerika Serikat mengharuskan pelamar memiliki skor IELTS 6,5 dan bisa saja lebih tergantung pada program studi masing-masing. Sebagai catatan, IELTS hanya memiliki masa berlaku 2 tahun ya.


2. Benang Merah Antara Pekerjaan dan Jurusan

Kamu harus menentukan jurusan apa yang akan kamu ambil. Pastikan kamu mengetahui betul tentang jurusan yang kamu ambil, hal tersebut agar kamu dapat menjawab dengan baik saat tahapan interview. Cara lain yang harus dilakukan adalah menemukan benang merah antara pekerjaanmu sekarang dan jurusan yang akan kamu ambil, dengan begitu kamu akan mudah untuk memberikan argumen sehingga membuat pihak penyelenggara merasa jika kamu pantas mendapatkan beasiswa.

3. Membuat Timeline

Tahapan penerimaan beasiswa ini tidaklah sedikit, jadi alangkah lebih baiknya jika kamu membuat timeline tahapan melamar beasiswa sesuai jadwal yang telah ditentukan agar tidak ada satu tahap pun yang kamu lewatkan. Bisa gawat kalau sampai terlewatkan ya.

4. Surat Referensi Sama Pentingnya dengan Motivation-Letter

Esai adalah hal yang sangat penting saat melamar suatu beasiswa. Buatlah esai sebaik mungkin, disini kamu harus mengungkapkan hal-hal positif tentang kamu. Bisa saja hubungan tentang latar belakang pekerjaanmu sekarang dengan jurusan yang akan kamu ambil. Apapun itu, ungkapkanlah selama itu merupakan hal yang positif dan bisa menarik hati pihak penyelenggara.

Selain esai, surat referensi yang dituliskan orang lain tentang dirimu juga sama pentingnya. Pastikan kamu memilih oarng yang tepat dan sangat mengenalmu untuk menulis surat referensi.

5. Miliki Teman Belajar

Kamu tidak bisa melakukan semuanya seorag diri, pasti ada saatnya kamu membutuhkan orang lain. Agar lebih mantap saat menuliskan esai atau hari saat ujian, kamu bisa berteman dengan alumni untuk dijadikan mentormu dalam menganalisis esaimu.

Selain itu, kamu pasti membutuhkan teman untuk diajak belajar bersama atau untuk sekedar mencari segala informasi bersama. Maka carilah teman yang memiliki keinginan tinggi untuk mendapat beasiswa, agar kamu juga ikut bersemangat mendapatkan beasiswa.

You Might Also Like

0 comments