5 Alat Tempur Wajib Para Designer

January 24, 2019

5 Alat Tempur Wajib Para Designer


Profesi seorang designer merupakan sebuah hal yang sangat trend sekarang ini, akibatmnya banyak orang yang termotivasi untuk menjadi seorang designer. Well, saya pikir hal tersebut adalah hal yang sangat amazing, karena dengan adanya kejadian seperti itu, Indonesia menjadi lebih kaya akan para designer-nya yang kreatif dan inovatif.

Di artikel kali ini, kalian para calon designer belajar tentang berbagai macam alat-alat yang dibutuhkan untuk menjadi seorang designer.

Oke langsung aja kita bahas.

5 Alat Tempur Wajib Para Designer

1. Laptop/Computer

5 Alat Tempur Wajib Para Designer


Yang pertama dan wajib adalah satu unit laptop atau computer. Seperti yang kita tau bahwa kebanyakan pekerja di bidang kreatif (seperti videografer, fotografer, bahkan pekerja kantoran sekarang) sudah mengharuskan dirinya untuk memiliki laptop atau komputer. Bahkan untuk non-pekerja seperti pelajar sekalipun sudah harus memiliki laptop untuk menunjang proses belajarnya.

Nah untuk spesifikasi laptop atau komputer khusus designer itu sendiri memang membutuhkan spek yang lumayan tinggi, mengingkat software design sekarang itu banyak yang membutuhkan spek tinggi pula, seperti softwarenya Adobe, dan yang lain sebagainya.

Nah saya ada satu rekomendasi laptop untuk para designer yang mau memulai karirnya, yaitu ASUS A442UR-GA042T, laptop yang berada di kelas mid ini menurut saya sudah cukup untuk kamu yang ingin memulai karir sebagai designer.

Dengan adanya prosesor berupa Core Intel i5, serta RAM yang juga terbilang tidak sedikit (4GB DDR4) saya yakin laptop ini bakalan cocok untukmu. Untuk harganya sendiri, laptop ini dibanderol dengan nominal Rp 8,209,000.

2. Graphics Tablet dan Stylus

5 Alat Tempur Wajib Para Designer


Yang satu ini mungkin tidak begitu wajib bagi para designer ya, khususnya para designer UI/UX atau layout, melainkan alat ini cocoknya untuk para illustrator atau animator, bahkan menurut saya sangat direkomendasikan untuk memiliki kedua alat tersebut untuk mereka (ilustrator dan animator).

Bagi kalian yang belum tau apa itu graphic tablet dan stylus, ini ibaratnya seperti kertas dan pensil, tapi gambar yang dihasilkan berupa digital. Yup, dengan alat tersebut kamu bisa menggambar diatas tablet dengan tool-tool yang memukau.

Saya pribadi sebenernya belum mahir sih menggunakan alat tersebut, mengingat saya bukan seorang digital illustrator (Baca Juga: Mark Conlan - Seorang Digital Illustrator & Manual Illustrator) ataupun seorang animator, jadi ya sekarang ini saya belum merasa membutuhkan kedua alat tersebut dan mempelajarinya.

Untuk merk yang saya rekomendasikan adalah keluaran dari Apple, yaitu iPad Pro and Apple Pencil (2018), yang harganya mencapai 8 juta rupiah dan 1 juta rupiah.

3. High-res monitor

5 Alat Tempur Wajib Para Designer


Monitor menurut saya adalah alat yang juga penting bagi para designer, khsusnya untuk meningkatkan produktivitas dari si designer itu sendiri. Ada banyak sebenarnya monitor diluar sana yang mempunyai kualitas yang bagus dan juga harga yang murah.

Monitor yang saya pakai sekarang ini adalah dari LG LG 24MK600M-B (24 inci), yang juga saya gunakan untuk kebutuhan design, dan menurut saya monitor ini lumayan bagus. Harganya gak sampe 2 juta kok, jadi menurut saya worth it banget.

4. Sketchbook

5 Alat Tempur Wajib Para Designer


Nah yang satu ini juga gak ketinggalan nih. Bagi kamu seorang illustrator, UI/UX designer, ataupun animator, mungkin butuh banget dengan alat yang satu ini. Walau terlihat simpel, dan gak terlalu mahal, tapi sketchbook menurut saya sangatlah penting dan wajib dimiliki oleh segala jenis designer.

Nah gunanya apa sih si sketchbook ini? Sketchbook ini berguna untuk menuangkan semua ide design kita ke dalam wireframe (atau semacam gambar kasar gitulah).

Untuk harganya sendiri, si sketchbook ini biasanya dibanderol dengan harga 50 ribuan. Dan kamu bisa beli di berbagai macam toko alat tulis disekitarmu kok.

5. Software

5 Alat Tempur Wajib Para Designer


Yang terakhir yang juga gak kalah pentingnya adalah software, bagi seorang digital designer tentunya butuh banget kan yang namanya software design.

Nah ada banyak software design sekarang, mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Kita sendiri sudah gak asing lagi kan dengan Adobe? Nah Adobe ini merupakan salah satu produsen software yang berbayar, tapi kualitas softwarenya tentu sangat bagus.

Ada juga Inkscape, yang merupakan software vector gratisan yang juga tak kalah keren.

You Might Also Like

0 comments