Bagaimana Caranya Designer Mendapatkan Penghasilan?

January 05, 2019

Bagaimana Caranya Designer Mendapatkan Penghasilan?


Profesi sebagai seorang designer sekarang ini sangat banyak, hal tersebut sangatlah bagus, sehingga membuat jumlah pengangguran semakin sedikit, you know, Alhamdulilah jaman sekarang untuk mencari rejeki sudah sangat dimudahkan, tinggal kitanya aja yang kreatif dan mau kerja.

Dan langsung saja berikut ini adalah berbagai cara mendapatkan uang dari sebagai seorang designer.

1. Menjadi Freelancer

Jaman sekarang sedang marak-maraknya pekerjaan menjadi seorang freelancer, mungkin setiap orang yang berkecimpung di dunia kreatif pasti akan mengalami menjadi seorang freelancer terlebih dulu.

Banyak suka dan duka menjadi seorang freelancer, saya pribadi dulunya juga seorang freelancer (sampai sekarang sih). Terkadang ketika mendapatkan sebuah proyek, hati akan sangat senang karena upah yang didapatkan lumayan tinggi. Namun terkadang juga satu bulan full nggak ada pemasukan alias nggak ada proyek yang masuk.

Well, sebenarnya hal itu sudah biasa bagi para freelancer, tinggal kitanya saja yang perlu ikhlas dan perlu usaha lagi untuk melakukan branding.

2. Mengikuti Kontes atau Kompetisi

Serius dah, kalau kamu masuk ke dunia kontes atau kompetisi ini, dan kamu menang di salah satu kompetisi, bisa mendadak jadi sultan. Karena memang reward atau hadiah yang didapat dari memenangkan sebuah kontes atau kompetisi itu sangatlah tinggi.

Sebenarnya saya pribadi bukan seorang penikmat metode ini, namun banyak teman online saya yang menggunakan metode ini. Memang sih saat awal-awal bermain di metode ini agak susah untuk menang, namun yang namanya rejeki pasti gak kemana.

Kalau emang rejekinya di metode ini, ya Alhamdulilah. Dan berikut ini adalah beberapa situs kontes atau kompetisi untuk para designer:
Nah yang ketiga ini juga hasilnya lumayan nih. Dengan membuat kelas kursus online sendiri memungkinkan kamu untuk menghasilkan dari hasil belajar design kamu. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh para designer, bahkan salah satu design agency di Indonesia sudah menggunakan metode ini untuk mendapatkan earning, yaitu Inipagi Studio (salah satu design agency favorit saya, hehe).

Nah, berikut beberapa situs yang dapat kamu gunakan untuk membuat kelas online:
  1. www.skillshare.com
  2. www.udemy.com
  3. www.kelaskita.com

4. Membangun Tim dan Membuat Design Agency

Sumpah, cara ini adalah cara yang sangat menyenangkan, dimana kita bisa berkolaborasi dengan designer lain untuk mencari rejeki. Dengan membangun sebuah tim dan agensi design, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang juga lumayan tinggi.

Karena memang untuk level design agensi itu bayarannya tinggi-tinggi loh. Nah beberapa referensi agensi design dari Indonesia yang mungkin bisa kamu contoh adalah:
  1. Paperpillar (masternya Dribbble nih, rank #1 terus, haha)
  2. Inipagi Studio
  3. Orely Studio (studionya masih fresh, tapi karyanya sangar-sangar)
  4. Fikri Studio
  5. Omnivreativora

5. Menjual Produk

Yang selanjutnya adalah dengan menjual produk sendiri. Metode ini menurut saya adalah metode yang paling gampang, dengan mengkomitmekan diri sendiri untuk membuat produk (mungkin sehari satu design), saya kira hal tersebut bukanlah suatu hal yang besar.

Sekarang ini banyak loh para designer yang menggunakan metode ini, khususnya para graphic designer yang berkecimpung di kategori ilustrasi. Kamu bisa memanfaatkan situs-situs microstock yang ada seperti Freepik, Envato Elements, dan yang lain sebagainya.

Penutup

Jadi bagaimana menurut kamu? Sudah menentukan mau ngambil metode? Intinya gini, yang penting halal, dan kamu mau berusaha, serta tawakal. Oke sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments