Sukses Sebagai Seorang Freelance ala Riko Sapto Dimo

January 07, 2019



Freelancer merupakan sebuah sebutan untuk seseorang yang bekerja secara 'semi-bebas', dimana dia rata-rata orang seperti ini dapat bekerja di mana saja dan kapan saja. Well, sepertinya saya gak usah bahas panjang-lebar tentang pengertian freelance ini ya, saya asumsikan temen-temen sudah pada tau tentang freelance.

Nah, di artikel kali ini, Shall Creative berkesempatan bertanya-tanya kepada para freelance designer dari Indonesia yang terbilang menurut kami sudah sukses berkarir di dunia freelance khususnya di bidang design, dia adalah Riko Sapto Dimo.

Di artikel ini, saya hanya menjelaskan awal sepak terjang dari mas Riko di dunia freelance desgin, so harapan saya temen-temen bisa mengambil manfaat dari perjalanan dia, let's begin.

Apa sih tips dari mas Riko sebagai seorang freelance designer untuk bisa mendapatkan hasil yang terbilang bagus (menurut kami)? Apakah ada trik trik khusus seperti marketing untuk memasarkan design, dll?

Dari awal mula saya terjun ke bidang freelance design itu mengikuti kontes untuk mengasah skill saya, dan sudah lebih dari 100 kontes yang sudah saya ikuti, mulai dari logo design, player, sampai saya memutuskan untuk fokus di UI/UX design.

Saat awal-awal, saya bermain kontes di Freelancer.com, kemudian saya mulai coba-coba di 99design.com yang notabene-nya lebih sulit dan saingannya lebih hebat. Nah kemudian keuntungan kita belajar design dari mengikuti kontes itu selain mengasah skill, kita juga mengasah mental kita, dimana kita itu jangan mengharapkan terlebih dulu reward/keuntungan dari design, tapi kita harus fokus dulu mengembangkan portfolio kita di dunia design, hal tersebut karena portfolio itu sangat penting bagi para designer.

Jadi ketika suatu saat ada client atau calon client, otomatis dia akan meminta portfolio kita dimana mereka akan mempertimbangkan apakah mereka akan bekerja sama dengan kita. Jadi fokus dulu untuk mengembangkan portfolio kita untuk memuli karir design.

--------

Naah, jadi gitu guys. Dari kesimpulan yang didapat, memang sebagai freelance designer apalagi masih newbie, kita memang perlu mempersiapkan portfolio kita dengan baik, dan salah satu triknya adalah dengan mengikuti berbagai kontes yang ada.

So, gimana menurutmu? Kapan nih mau bikin portfolionya? Hehe. Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat ya, thanks.

Cek juga akun Dribbble mas Riko di link berikut: https://dribbble.com/RikoSapto

You Might Also Like

0 comments