Bisnis Sampingan Buat Para Mahasiswa yang Bisa Bikin Kaya - Shall Creative

Bisnis Sampingan Buat Para Mahasiswa yang Bisa Bikin Kaya

January 15, 2020

Bisnis Sampingan Buat Para Mahasiswa yang Bisa Bikin Kaya - Sebagai seorang mahasiswa, tentunya sudah saatnya kamu keluar dari zona nyaman. Milikilah mental mandiri, dimana harusnya kamu gak lagi bergantung pada uang pemberian dari orang tua. Salah satu cara agar kita dapat bertahan tanpa bantuan berlebih berupa uang dari orang tua adalah tentunya bekerja.

Saya pribadi merupakan seorang mahasiswa aktif semester tiga (saat tulisan ini ditulis). Selain kesibukan sebagai seorang mahasiswa DKV, saya juga menjadi seorang freelance designer dan blogger. Penghasilan yang dihasilkan juga lumayan untuk menunjang hidup di kota dimana saya berada sekarang. Uang dari orang tua tentunya masih saya terima, walau saya berusaha untuk tidak meminta.

Nah, di artikel kali ini kita bakal ngebahas mengenai berbagai macam bisnis sampingan buat para mahasiswa yang bisa bikin kaya. Apa aja sih? Yuk simak.

Baca Juga: 3 Tips Jitu Menjadi Seorang Entrepreneur yang Sukses

Bisnis Sampingan Buat Para Mahasiswa yang Bisa Bikin Kaya

1. Menjadi seorang freelancer, kerja dimana aja dan kapan aja

Bisnis Sampingan Buat Para Mahasiswa
Image Source: Unsplash

Salah satu profesi yang mungkin paling digemari dan paling dominan untuk para mahasiswa, yaitu freelance, apalagi bagi para mahasiswa seni DKV seperti saya. Profesi yang satu ini memang bisa memanjakan kita, dimana kita bisa mendapatkan uang dengan sistem kerja dimana aja dan juga kapan aja.

Bayaran yang kita dapat juga bisa up to 5 juta per bulan, tak heran apabila rata-rata teman-teman sejurusan saya banyak yang memilih jalan ninja mereka sebagai seorang freelance designer. Oiya menjadi seorang freelance bukan hanya sebatas sebagai seorang designer ya, ada banyak bidang freelance, design hanya salah satunya. Bidang tersebut bisa seperti penulis, programmer, dan yang lain sebagainya.

Tapi, apakah menjadi seorang freelancer sepenuhnya indah? Hmm, tentunya tidak. Berikut beberapa hal yang bikin frustasi sebagai seorang freelancer:
  1. Deadline project yang bertabrakan dengan deadline tugas
  2. Client yang minta revisi terus menerus
  3. Client terlalu menawar harga murah
  4. Dan lain sebagainyaahh...
Nah bagi kamu yang ingin terjun ke dunia freelance, kamu bisa mulai di website seperti https://projects.co.id/

2. Membuka online shop yang menargetkan pembeli hanya di sekitar kampus

Bisnis Sampingan Buat Para Mahasiswa
Image Source: Unsplash

Bisnis sampingan buat para mahsiswa yang kedua adalah dengan membuka online shop. Ya, saya tau ini memang terdengar mainstream, tapi disini saya sarankan supaya hanya manargetkan pasar hanya untuk mahasiswa di sekitar kampusmu saja.

Mengapa? Bukannya malah nanti yang beli sedikit ya? Justri malah cepet laku dan cepet laris, karena persaingannya sedikit. Kamu bisa memberikan fasilitas gratis ongkir di online shop kamu tersebut, sehingga bisa menjadi sisi positif tersendiri bagi online shop kamu.

Kamu bisa mulai menjual produk-produk yang digemari oleh para mahasiswa, bisa snack, makanan, atau bahkan mungkin produk kecantikan. Lapak yang bisa kamu gunakan adalah Instagram, atau bahkan bisa juga menggunakan WhatsApp Story.

3. Bisnis minuman kekinian keknya asik tuh

Bisnis Sampingan Buat Para Mahasiswa

Bisnis sampingan buat para mahsiswa yang ketiga adalah bisnis minuman kekinian. Memang sih bisnis yang satu ini mungkin bakal mahal di awal (modalnya), tapi mungkin akan balik modal dalam waktu yang cukup dekat, mungkin setelah 2-3 bulan kemudian udah balik modal sih.

Nah, kamu bisa mulai bisnis minuman kekinian dengan:
  1. Es kopi susu
  2. Thai tea
  3. Es boba
  4. dan lain sebagainyah...
Oiya bagi kamu yang mau bisnis minuman, kamu bisa baca artikel kami lainnya yang berjudul 5 Ide Bisnis Kuliner yang Bikin Kaya Raya

4. Ngajar les privat, sekali ngajar bisa dapet 100 ribu lebih loh

Image Source: Unsplash

Berbagi ilmu merupakan suatu hal yang mengasyikkan dan menyenangkan. Sebagai seorang mahasiswa, tentu memiliki bidang ilmu yang lebih dari pada anak-anak SMA sederajat atau SMP, atau bahkan SD. Nah bisnis sampingan buat para mahasiswa yang ke-4 ini mungkin akan menjadi bisnis yang menjanjikan untuk kamu.

Kamu bisa mengajar les privat untuk masyarakat sekitar, sekali pertemuan kasih harga 70-100 ribu. Hal ini juga dilakukan oleh beberapa teman saya yang menempuh jurusan Pendidikan Seni Rupa, mereka meluangkan waktu mereka untuk mengajar les privat menggambar untuk para anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

Hasilnya? Per hari mereka bisa mendapatkan 150 ribu lebih untuk satu per temuan. Lalu bagaimana caranya supaya bisa mendapatkan siswa atau murid? Jawabannya adalah lewat channel. Milikilah banyak teman yang juga mengajar les privat, apabila temanmu tersebut punya job dan dia gak bisa menghandel, dia mungkin akan mengoper atau memberikannya kepadamu.

5. Jadi driver ojek online juga kayaknya lumayan sih

Bisnis Sampingan Buat Para Mahasiswa
Image Source: Winnetnews

Bisnis sampingan buat para mahasiswa yang selanjutnya adalah dengan menjadi ojek online. Yang kelima ini mungkin gak cocok buat kamu para kaum-kaum 'penyembah' gengsi, pasti ada banyak orang yang menganggap pekerjaan ini remeh, dan murahan, tapi jangan salah, ada satu teman sekelas saya yang punya kerja sampingan jadi driver ojol ini, penghasilan dia per hari bisa tembus 300 ribu loh.

Intinya konsisten dan sabar, itulah kuncinya. Saya pribadi sebenarnya tertarik untuk menjadi driver ojek online, tapi masih belum diberi izin oleh orang tua, jadi ya begini aja, jadi freelance designer.

Lalu bagimana buat para cewek? Masa jadi tukang ojek? Heii, jangan salah, jadi driver ojol itu gak terbatas oleh gender cuy. Di sekitar kampus saya tak jarang saya ngeliat cewek-cewek bening nan cantik yang rela jadi driver ojol untuk nambah-nambah uang jajan loh, jadi gak usah gengsian deh ya.


You Might Also Like

0 comments