Biaya Hidup Mahasiswa di Inggris (Harga Tempe Bisa Sampe 200 Ribu!) - Shall Creative

Biaya Hidup Mahasiswa di Inggris (Harga Tempe Bisa Sampe 200 Ribu!)

February 17, 2020

Biaya Hidup Mahasiswa di Inggris
Sumber Gambar: www.viator.com


Inggris, siapa yang nggak tertarik dengan kata tersebut. Segala pembahasan soal Inggris bisa aja muncul dari mulut kita saat nongkrong bareng teman, maupun ngobrol bareng orang tua, guru, tetangga, atau bahkan satpam komplek. Inggris, sebuah negara yang indah dengan berbagai bangunan classic nan indah, toko-toko di sepanjang jalan, ramainya para pejalan kaki, dan sebagainya. Mungkin itu yang sering kita lihat diberbagai gambar yang tersebar diinternet.

Nah, selain hal-hal tersebut nih, banyak juga yang tertarik untuk pergi ke Inggris karena ingin melanjutkan pendidikan ke Universitas terbaik di Inggris yang mana banyak juga yang terkenal sebagai Universitas terbaik di dunia. Tentunya sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan di Inggris, teman-teman semua sudah memikirkan terlebih dahulu soal biaya hidup. Karena seperti yang kita ketahui, mata uang ponds adalah yang tertinggi di dunia. Memang banyak juga pihak yang menyediakan beasiswa untuk bisa kuliah di Inggris, namun tentu saja dengan syarat yang menurut penulis bukan suatu hal yang mudah untuk dipenuhi, hehe.

So, langsung aja kita bahas tentang biaya hidup mahasiswa di Inggris. Tapi ingat ya, ini semua bisa berubah kapan saja. Tapi setidaknya kita memiliki gambaran "berapa banyak sih biaya yang harus kita keluarkan kalau mau jadi Mahasiswa di Inggris?"

Biaya Hidup Mahasiswa di Inggris

1. Akomodasi

Biaya sewa tempat tinggal mungkin bakalan jadi biaya pling besar yang harus dikeluarkan dan ada 2 macam opsi tempat tinggal yang bisa kamu pilih, yaitu:

Asrama universitas. Pada tahun pertama, kemungkinan besar kamu akan tinggal di Asrama universitas. Untuk sistem pembayarannya sendiri, biasanya dibayar pada awal tiap semester. Kalau kamu bertanya "seberapa mahal sih biaya sewa asramanya tiap semester?", tiap Universitas pastinya punya biaya yang berbeda-beda dan tergantung kualitas yang kamu pilih ya

Meyewa Apartemen Pribadi. Pada tahun kedua, sebagian besar Mahasiswa akan pindah ke flat atau rumah sewaan di luar kampus yang pembayarannya dibayar tiap bulan. Untuk harga, tentu saja bervariasi tergantung dimana kamu tinggal.

Harga (kurang lebih) antara £ 533 – £ 770. Jika kamu tinggal jauh dari rumah di London, kamu akan berhak mendapatkan tunjangan yang lebih tinggi. Uang sewaan kamu akan lebih rendah di Leeds (£ 281 – £ 353) atau Liverpool (£ 259 – £ 385) (kamu dapat membayar lebih atau kurang dari kisaran kasar ini).

2. Transportasi

Sebenernya kalau membahas soal transportasi, tiap individu pun akan mengeluarkan biaya yang berbeda-beda. Bisa dilihat dari faktor jauh dekatnya jarak tempat tinggal dengan kampus, tempat yang sering dikunjungi setiap hari seperti perpustakaan, dan belum lagi jika ingin pergi keluar bersama teman saat lagi merasa penat-penatnya.

Sebagai gambaran, kota-kota kecil seperti Edinburgh dapat dijangkau dengan berjalan kaki atau bersepeda, sedangkan kota besar seperti Manchester atau Birmingham akan membuat transportasi umum lebih menjadi kebutuhan.

3. Makanan

Pandai-pandailah dalam mengatur keuangan. Untuk mencari makanan, kamu bisa mengunjungi berbagai macam tempat yang menyediakan bahan makanan dan membandingkan harganya dengan tempat yang lain untuk mendapatkan harga yang semurah mungkin namun kualitasnya ok. Jangan lewatkan juga berbagai macam diskon yang bisa menghemat pengeluaranmu.

4. Air, Gas, dan Listrik

Kalau kamu tinggal di Asrama, mungkin hal ini tidak akan membebani pikiranmu. Namun, jika kamu tinggal di flat atau rumah sewaan, penggunaan air, gas , dan listrk dihitung terpisah dari biaya sewa flat. Maka dari itu, kamu harus pintar dalam mengahemat ini semua ya.

5. Telepon dan Internet

Internet biasanya termasuk dalam sewa untuk asrama. Tetapi kamu akan membutuhkan data untuk berinteraksi dengan teman-teman di Indonesia ketika bosan di perpustakaan dan sesekali menelepon ke rumah untuk sekedar memberi tahu bagaimana kabarmu.

Periksa berapa banyak data dan menit yang sebenarnya kamu gunakan dalam sebulan, sehingga tidak ada acara terkejut karena tagihan yang kamu pikir nggak pernah kamu gunakan.

6. Perawatan Pribadi

Kamu pasti akan berpikir tentang betapa pentingnya penampilanmu, apalagi jika kamu adalah seorang perempuan. Pastinya kamu gak bakalan dengan mudahnya mengeluarkan banyak uang untuk sekedar perawatan diri di tempat spa mewah.

Kamu bisa merawat diri secara rutin dengan metode DIY (do it yourself) berbagai macam bahan alami yang sebelumnya kamu cari tahu terlebih dahulu melalui internet. Masalah potong rambut, kamu bisa mencari salon lokal yang menawarkan harga bersahabat, dan jika beruntung kamu bisa mencari salon yang sedang mengadakan diskon.

You Might Also Like

0 comments