Biaya Kuliah di Universitas Indonesia Terbaru 2020

March 09, 2020

Biaya Kuliah di Universitas Indonesia Terbaru 2020
Sumber Gambar: http://www.kampusaja.com/


Biaya Kuliah di Universitas Indonesia Terbaru 2020 - Universitas Indonesia atau UI merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia. Tak diragukan lagi pasti selalu banyak peminat UI tiap tahunnya. Bagi kamu yang sekarang sedang berada di bangku kelas 12 apalagi yang punya impian untuk melanjutkan kulah di UI, pasti sering bertanya-tanya tentang biaya kuliah di UI.

Biaya pendidikan UI dikenal dengan Biaya Pendidikan Berkeadilan yang hanya berlaku untuk Program Sarajana Reguler. Langsung saja yuk kita bahas garis besarnya!

Baca Juga: Biaya Kuliah di UNDIP Terbaru 2020

Biaya Kuliah di Universitas Indonesia Terbaru 2020

1. Program Sarjana Reguler

Tarif UKT untuk mekanisme BOP –berkeadilan dibagi menjadi 6 kelas yang dimulai dari Rp0-500 ribu dan yang tertinggi yaitu Rp 6-7 juta. Sedangkan tarif untuk BOP-Pilihan terbagi menjadi 3 kelas yag dimulai dari Rp7-10 juta dan yang tertinggi yaitu Rp12-15 juta. Uang kuliah dibayarkan per semester atau 6 bulan sekali.

2. Program Vokasi

Pada program ini, semua program studi/peminatan harus membayar Uang Pangkal sekitar Rp11 juta yang dibayarkan sekali pada awal semester 1. Serta harus membayar Biaya Operasional Pendidikan sebesar Rp9 juta yang dibayarkan 6 bulan sekali.

3. Program Sarjana Paralel

Pada program ini, mahasiswa harus membayar Uang Pangkal sebesar Rp14-50 juta. Sedangkan untuk Biaya per semesternya, kamu harus mengeluarkan biaya sekitar RP10-33 juta. Masing-masing program studi menetapkan biaya yang berbeda.

4. Program Sarjana Ekstensi

Sama seperti sebelumnya, pada program ini kamu harus mebayar uang pangkal dan BOP. Uang pangkal yang harus dibayarkan berkisar antara RP7-33 juta. Sedangkan BOPnya berkisar antara Rp10-33 juta.

5. Program Sarjana Kelas Internasional

Pada program ini, kamu harus mengeluarkan biaya untuk uang pangkal dan BOP. Uang pangkal yang harus dibayarkan berkisar antara Rp17-300 juta. Sedangkan BOP yang harus dibayarkan berkisar antara Rp20-86 juta.

Nah, untuk melihat rincian biaya tiap program studinya, kamu bisa mengunjungi langsung website resmi UI pada bagian biaya pendidikan. Bagi kamu yang ingin mendapatkan BOP-Berkeadilan, kamu bisa mengajukan beberapa berkas yang nantinya mendapatkan persetujuan dari pihak UI. Berkas yang dibutuhkan antara lain :
  1. Surat Keterangan dari lingkungan tempat tinggal
  2. Bukti penghasilan perbulan atau pertahun
  3. Bukti pengeluaran perbulan atau pertahun
Semoga setelah kamu membaca ini, kamu jadi memilki gambaran ya berapa kiranya biaya kuliah di UI, semoga bermanfaat!


You Might Also Like

0 comments